Pengertian, Ciri-Ciri, Struktur Teks Anekdot


Teks Anekdot hampir mirip dengan cerita lucu karena sama-sama berisi kejadian lucu, namun ada perbedaan pada fungsinya, dimana teks anekdot berfungsi untuk menyampaikan kritik/sindiran, sedangkan cerita lucu berfungsi hanya untuk menghibur.

A. Pengertian Teks Anekdot

Teks anekdot adalah teks yang berisi cerita lucu dan menarik yang menggambarkan seseorang atau yang menyangkut orang banyak.

Teks anekdot tidak hanya berisi cerita lucu tetapi juga berisi kritik kepada suatu hal dengan Bahasa yang halus.

B. Ciri-Ciri Teks Anekdot

Teks Anekdot memiliki Citi ciri :
  • Berisi kejadian lucu/rumor
  • Menyampaikan kritik/Saran yang tersirat

C. Struktur Teks Anekdot

1. Abstrak
Berisi gambaran mengenai is cerita

2. Orientasi
Berisi pengenalan tokoh, masalah,later

3. Krisis
Berisi masalah yang terjadi samapi puncak masalah

4. Reaksi
Berisi penyelesaian masalah yang terjadi

5. Koda 
Akibat Dari permasalahan

Contoh Teks Anekdot beserta Strukturnya

Abstraksi :
Seorang warga melapor kemalingan.

Orientasi :
Pelapor  : "Pak polisi Saya kemalingan."

Polisi      : "kemalingan apa?"

Pelapor  : "Mobil, Pak. Tapi saya beruntung Pak."

Krisis        :
Polisi       : "Kemalingan koh malah beruntung."

Pelapor   : "Iya pak. Saya beruntung karena CCTV merekam dengan jelas. Saya dapat melihat dengan jelas wajah making ya."

Polisi       : "Sudah minta izin malingnya until merekam?"

Reaksi       :
Pelapor   : "Belum ..... (Sambil melihat polisi dengan heran)

Polisi       : "Itu ilegal. And Saya tangkap."

Koda         :   
Pelapor.  : (Hanya bisa pasrah Tak berdaya)


Sekian dari saya, terimakasih karena telah membaca dan semoga bermanfaat bagi anda.      

0 Comments:

Post a Comment