Sebutkan dan jelaskan ciri ciri makhluk hidup

ciri ciri makhluk hidup

1. Memerlukan Nutrisi

Makhluk hidup memerlukan nutrisi atau makanan agar dapat bertahan hidup, tumbuh, dan melakukan aktivitas hidup lainnya. Salah satu perbedaan dasar antara tumbuhan dan hewan adalah cara mereka memperoleh makanan. Tumbuhan meskipun tidak memiliki organ pencernaan seperti mulut, tumbuhan memperoleh bahan bahan pembentuk makanan berupa air dan garam garam mineral dari tanah serta karbon dioksida dari udara. Selanjutnya bahan bahan tersebut digunakan tumbuhan untuk membuat makanan melalui fotosintesis.

2. Respirasi
Makhluk hidup memerlukan energi untuk melakukan berbagai aktivitas penting, seperti untuk pertumbuhan dan bergerak. Tumbuhan hijau memperoleh energi dari cahaya matahari melalui proses fotosintesis, sedangkan hewan dari makanan yang dimakan.

3.  Irihabilitas
Makhluk hidup memiliki respons terhadap perubahan-perubahan yang terjadi disekitar, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Pada tumbuhan irihabilitas dapat dilihat pada Mimosa Pudica (putri malu). Jika disentuh, maka pada daunnya akan melakukan gerakan menutup daun.

4.  Bergerak
Berbeda dengan hewan, tumbuhan jarang sekali melakukan gerak berpinda tempat. Meskipun begitu, bukan berarti tumbuhan tidak melakukan aktivitas gerak. Tumbuhan juga melakukan gerak, misalnya gerak sel-sel dalam tubuh, membuka dan menutupnya stomata, dan gerak sulur. Gerak tumbuhan umumnya berlangsung lambat dibandingdengan hewan.

5. Ekskresi
Ekskresi merupakan pembuangan limbah tubuh yang dihasilkan dari metabolisme. Sebagai contoh, pada proses respirasi dihasilkan limbah berupa karbon dioksida.

6. Reproduksi
Reproduksi adalah suatu proses pembiakan atau perbanyakan untuk menghasilkan keturunan baru. Keturunan yang dihasilkan umumnya mempunyai sifat yang sama dengan induknya, baik yang dihasilkan sekual maupun aseksual.

0 Comments:

Post a Comment